Langsung ke konten utama

Editorial: Logo Lentera Ma'had

TERBANGKAN IMAJINASIMU. Tanaman yang bercahaya mungkin ada didunia ini, entah dimana. Kami percaya itu ada meski kami sendiri tidak pernah melihatnya atau mendengar kabar keberadaannya. Selain itu, kami juga percaya itu pasti indah.

Kami akan mencoba menggambarkan detailnya satu-persatu. Pertama, tanaman ini adalah tanaman yang tumbuh sendiri. Dia bukan benalu, juga bukan tanaman liar. Dia akan terus tumbuh meski tidak selalu mendapat asupan nutrisi dari tuan pemiliknya. Ya, karena kita bersama-lah yang merawatnya. Setiap kontributor dapat sign in di Web Lentera Ma’had kapanpun dan nyaris darimanapun dengan gadget masa kini.

Kedua, Akarnya menghujam jauh kedasar bumi. Lentera Ma’had bukan tanaman yang hanya tumbuh di permukaan. Kelopak bunga mekar sebagai gairah keilmuan. Putik menjulur dan menebarkan serbuk sarinya. Saat kupu-kupu dan tawon mengambil nutrisinya, dia akan terbawa terbang ke seluruh dunia. Lentera Ma’had dapat diakses siapapun diseluruh dunia. Benih Lentera Ma’had mudah tumbuh dimanapun, di lahan tandus sekalipun.

Ketiga, cahaya yang terpancar bukanlah dari dirinya sendiri. Lentera Ma’had seperti rembulan yang memantulkan cahaya matahari. Matahari, sebagai sumber cahaya, adalah pak kyai, ustadz-ustadz yang mengajar di Wahid Hasyim, dan siapapun yang menjadi sumber inspirasi. Lentera Ma’had menjadi media yang menyimpan dan membawa cahaya itu sampai ke setiap sudut gelap.

Aspek cahaya menjadi konsep pokok dalam filosofi desain logo Lentera Ma’had. Lentera Ma’had tidak seperti lilin yang membakar dirinya sendiri. Juga bukan cahaya yang menyilaukan. Tapi konsep cahaya yang lebih canggih dari layar AMOLED di smartphonemu yang membuatnya tetap terlihat di bawah terik siang dan tidak menyilaukan di gelap malam. Pemilihan nama “Lentera” juga mengacu pada filosofi tersebut.

Keempat, warna. Terdiri dari dua warna brown (dengan level brightness yang berbeda), yang dalam psikologi warna, punya arti ramah dan mudah didekati. Ini adalah warna setia, dapat dipercaya dan diandalkan dalam cara yang praktis dan realistis. Brown juga memiliki arti jujur, asli, tulus, dan bisa diandalkan.

Logo yang artistik dipadukan dengan font Rimouski yang kuat memberikan kesan menarik, dua kepribadian berbeda yang bersatu tanpa harus dipaksakan. Imajinasi kita bahkan sempat mengira ini adalah merak. Logo ini sukses membuat jatuh cinta sejak pertama melihatnya. [f]

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mujmal dan Mubayyan

A.MUJMAL 1.Pengertian Mujmal Mujmal ialah suatu lafadz yang belum jelas,yang tidak dapat menunjukkan arti sebenarnya apabila tidak  ada keterangan lain yang menjelaskan. Penjelasan ini disebutalbayan. Ketidakjelasan ini disebut ijmal. 2.Contoh Lafadz Mujmal Contoh lafadz yang mujmal, sebagaimana firman Allah: وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ...Perempuan yang diceraikan suaminya, menantikan iddahnya tiga quru.’”(Q.S. al-Baqarah[2]: 228). Lafadz quru’ ini disebut dengan mujmal karena mempunyai dua makna, yaitu haid dan suci. Kemudian mana di antara dua macam arti yang dikehendaki  oleh ayat tersebut maka diperlukan penjelasan, yaitu bayan. Ini adalah contoh yang  ijmal dalam lafadz tunggal. Contoh dalam lafadz yang murakkah (susunan kata-kata) sebagai berikut: ...أَوْ يَعْفُوَ الَّذِي بِيَدِهِ عُقْدَةُ النِّكَاحِ... “Atau orang yang memegang ikatan pernikahan memaafkan.”(Q.S.Al-Baqarah [2]: 237). Dalam ayat  tersebut masih terdapat ijmal tentang menentukan siapa …

Batasan Aurat Menurut 4 Madzhab

Disususn oleh: 1.Sofi Salma Latifah 2.Tsalitsa kamallina 3.Siti Rojiatul  Alawiyah 4.Siti Khanifah 5.Usailatu W
BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Telah kita ketahui bahwa aurat wanita alaha dari ujung kepala hingga ujung kaki kecuali, wajah dan telapak tangan. Tetapi banyak wanita yang menyalah gunakan aturan itu. Banyak diantara mereka yang enggan menutup seluruh bagian dari aurat mereka karena beberapa alasan.
Kita tahu bahwa salah satu ciri yang dapat ditunjukkan wanita muslimah adalah menjaga aurat atau menutup aurat. Tetapi dijaman sekarang ini banyak wanita yang enggan memakai jilbab baik menutup kepala atau aurat. Mereka sudah terpengaruh oleh dunia model yang semakin lama semakin mencemaskan bagi kaita semua.
Oleh karena itu, kondisi yang demikian ini merupakan suatu kemunduran bagi akhlak wanita muslimah. Dalam masalah berjilbab atau menutup aurat ini para wanita banyak yang mencari-cari alasan agar bisa terlepas dari syariat atau mennemukan pembenaran bahwa tidak …

Hukum Menjadi Pegawai Di Diskotik

Nama   :Roma Wijaya Kelas   :Ulya (A) Hukum Menjadi Pegawai Di Diskotik Pada era globalisasi ini banyak sekali perkembangan – perkembangan pola hidup barat  yang mempengaruhi pola kehidupan masyarakat Indonesia,  khususnya yang berada di daerah perkotaan. Mereka lebih cepat terkontaminasi oleh gemerlap dan gaya dunia barat. Salah satu dari pengaruhnya ialah di daerah perkotaan banyak tempat – tempat yang menjadi titik central kehidupan yang cnta dunia yang dibawa oleh dunia barat. Hal ini pun dijadikan tempat lahan untuk memperkerjakan masyarakat lokal agar mendapatkan pekerjaan. Walaupun tempat tersebut yang disebut dengan diskotik menjadi lahan pekerjaan bagi para pengangguran yang berada di daerah perkotaan, namun hal ini justru menjadi problem bagi umat muslim yang menjadi pengangguran kemudian mereka bekerja di tempat tersebut. Bagaimana hukumnya bekerja di tempat seperti itu yang menjadi pusat kemaksiatan. Apalagi pada malam hari, tempat tersebut menjadi tempat para pelacur yang aka…