Mukhtashor Alfiah Ibn Malik
No
|
مختصر
الفية ابن مالك
|
Bait
|
1
|
قَـالَ
مُحَمَّد هُوَ ابنُ مَـالِكِ ¤ أَحْمَدُ رَبِّي اللَّهَ خَيْرَ مَالِكِ
|
1
|
Muhammad Ibnu Malik berkata: Aku memuji kepada Allah Tuhanku
sebaik-baiknya Dzat Yang Maha Memiliki.
|
||
2
|
مُصَلِّيَاً
عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى ¤ وَآلِـــهِ الْمُسْــتَكْمِلِينَ الْشَّــرَفَا
|
2
|
Dengan bersholawat atas Nabi terpilih dan atas keluarganya yang
mencapai derajat kemulyaan.
|
||
3
|
وَاللهُ
يَقْضِي بِهِبَـاتٍ وَافِرَهْ ¤ لِي وَلَهُ فِي دَرَجَاتِ الآخِرَهْ
|
7
|
Semoga Allah menetapkan karunianya yang luas untukku dan untuk
beliau (imam ibnu mu’ti, gurunya imam ibnu malik) pada derajat-derajat tinggi
akhirat.
|
||
Kalam, Kalim, Kalimah dan Qaul.
|
||
4
|
كَلاَمُــنَا
لَفْــظٌ مُفِيْدٌ كَاسْــتَقِمْ ¤ وَاسْمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفٌ الْكَلِمْ
|
8
|
Kalam menurut kami (Ulama Nahwu) adalah lafadz yang memberi
pengertian. Seperti lafadz “ اسْــتَقِمْ (beristiqomahlah kamu)“, adapun kalim
adalah berkumpulnya tiga kalimah isim, fiil atau huruf.
|
||
5
|
وَاحِدُهُ
كَلِمَةٌ وَالْقَوْلُ عَمْ ¤ وَكَلْمَةٌ بِهَا كَلاَمٌ قَدْ يُؤمْ
|
9
|
Tiap satu dari (personil Kalim) dinamakan Kalimah. Sedangkan Qaul
itu mencakup semuanya ( kalam, kalim dan kalimah). Dan dengan menyebut
Kalimah terkadang dimaksudkan adalah Kalam
|
||
Tanda isim
|
||
6
|
بِالجَرِّ
وَالتّنْوِيْنِ وَالنِّدَا وَاَلْ ¤ وَمُسْنَدٍ لِلإسْمِ تَمْيِيْزٌ حَصَلْ
|
10
|
Dengan sebab Jar, Tanwin, Nida’, Al, dan Musnad, tanda pembeda
untuk Kalimat Isim menjadi berhasil.
|
||
Tanda fiil dan huruf
|
||
7
|
بِتَا
فَعَلْتَ وَأَتَتْ وَيَا افْعَلِي ¤ وَنُوْنِ أَقْبِلَنَّ فِعْـــلٌ يَنْجَلِي
|
11
|
Dengan tanda Ta’ pada lafadz فَعَلْتَ ( ta’ fail) dan lafadz أَتَتْ (ta’ taknis
sakinah) , dan Ya’ pada lafadz افْعَلِي ( ya’ muanas mukhotobah) , dan Nun pada
Lafadz أَقْبِلَنَّ ( nun taukit) , Kalimah Fi’il menjadi jelas.
|
||
8
|
سِوَاهُمَا
الْحَرْفُ كَهَلْ وَفِي وَلَمْ ¤ فِعْـــلٌ مُـضَــارِعٌ يَلِي لَمْ كَـيَشمْ
|
12
|
Selain keduanya (ciri Isim dan Fi’il) dinamaan Kalimah Huruf,
seperti lafadz هَلْ ( bisa masuk pada isim dan fiil) , فِي( khusus masuk pada isim ) , dan لَمْ ( khusus masuk pada fiil). Tanda khusus
fiil mudhori’ adalah diawali لَمْ seperti lafadz لَمْ
يَشمْ ( dia tidak membau ).
|
||
9
|
وَمَاضِيَ
الأَفْعَالِ بِالتَّا مِزْ وَسِمْ ¤ بِالنُّـــوْنِ فِعْلَ الأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ
فُهِمْ
|
13
|
Dan untuk ciri Fi’il Madhi, bedakanlah olehmu! dengan tanda Ta’(
baik ta’ fail atau ta’ ta’nis assakinah) . Dan namakanlah Fi’il Amar! dengan
tanda Nun Taukid (sebagi cirinya) apabila Kalimah itu menunjukkan kata
perintah.
|
||
Enam isim mabni
|
||
10
|
كَالْشَّبَهِ
الْوَضْعِيِّ فِي اسْمَيْ جِئْتَنَا ¤ وَالْمَعْـنَـــوِيِّ فِي مَتَى وَفِي
هُـــــــنَا
|
16
|
Seperti serupanya isim dengan huruf didalam asal cetaknya شِبْهُ الوَضْعِي
pada dua kalimah isimnya lafadz جِئْتَنَا ( ta’ dan nunnya adalah isim dlomir )
, dan serupanya isim dengan huruf
dalam ma’nanya شِبْهُ المَعْنَوِي seperti lafadz مَتَى ( isim syarat dan isim istifham), هُـــــــنَا
( isim isyaroh)
|
||
11
|
وَكَنِيَابَةٍ
عَنِ الْفِعْلِ بِلاَ ¤ تَأَثُّــــرٍ وَكَافْــتِقَارٍ أُصِّلا
|
17
|
Dan شِبْهُ النِيَابَةٍ keserupaan isim dengan huruf dalam hal bisa
beramal tapi tidak bisa diamali ( isim fiil) . Danشِبْهُ
الافْــتِقَار keserupaan isim dengan huruf dalam hal
tidak bisa berdiri sendiri dan selalu membutuhkan kalimah lain seperti isim
mausul yang selalu membutuhkan shilah .
|
||
Kemabnian huruf
|
||
12
|
وَكُلُّ
حَـرْفٍ مُسْتَــحِقٌّ لِلْبِنَا ¤ وَالأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَا
|
21
|
Semua kalimah huruf dihukumi mabni. Asal didalam kemabniannya
adalah sukun.
|
||
Kekhususan isim dan fiil dalam I’rob
|
||
13
|
وَالاسْمُ
قَدْ خُصِّصَ بِالْجَرِّ كَمَا ¤ قَــدْ خُصِّصَ الْفِعْـلُ بِأَنْ يَنْـجَزِمَا
|
24
|
Kalimah Isim dikhususkan untuk I’rab Jar, sebagaimana juga kalimah
Fi’il dikhususkan untuk I’rob Jazem.
|
||
Tanda I’rob
|
||
14
|
فَارْفَعْ
بِضَمَ وَانْصِبَنْ فَتْحَاً وَجُرْ ¤ كَسْــــــرَاً كَــذِكْرُ اللَّهِ
عَبْــدَهُ يَسُـرْ
|
25
|
Rofa’kanlah olehmu dengan tanda Dhommah, Nashabkanlah! Dengan
tanda Fathah, Jarrkanlah! Dengan tanda Kasrah. Seperti lafadz Dzikrullahi
‘Abdahu Yasur.
|
||
15
|
وَاجْزِمْ
بِتَسْكِيْنٍ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ ¤ يَنُــوْبُ نَحْوُ جَا أَخْــو بَنِي
نَمِــرْ
|
26
|
Dan Jazmkanlah! Dengan tanda Sukun. Selain tanda-tanda yang telah
disebut, merupakan tanda penggantinya. Seperti lafadz: Jaa Akhu Bani Namir
|
||
16
|
وَارْفَعْ
بِــوَاوٍ وَانْصِبَنَّ بِالأَلِفْ ¤ وَاجْرُرْ بِيَاءٍ مَا مِنَ الأَسْمَا
أَصِفْ
|
27
|
Rofa’kanlah dengan Wawu, Nashabkanlah dengan Alif, dan Jarrkanlah
dengan Ya’, untuk Isim-Isim yang akan aku sifati sebagai berikut (Asmaus
Sittah):…
|
||
17
|
مِنْ
ذَاكَ ذُو إِنْ صُحْبَةً أَبَانَا ¤ وَالْفَــــــمُ حَيْثُ الْمِيْمُ مِنْهُ
بَانَا
|
28
|
Diantara Isim-Isim itu (Asmaus Sittah) adalah Dzu jika difahami bermakna
Shahib (yg memiliki), dan Famu sekiranya Huruf mim dihilangkan darinya.
|
||
18
|
أَبٌ
آخٌ حَـــمٌ كَـــذَاكَ وَهَـــنُ ¤ وَالْنَّقْصُ فِي هذَا الأَخِيْرِ أَحْسَنُ
|
29
|
Juga Abun, Akhun, Khamun, demikian juga Hanu. Tapi dii’rab Naqsh
(diberi harokat) untuk yang terakhir ini (Hanu) adalah lebih baik.
|
||
19
|
بِالأَلِفِ
ارْفَع الْمُثَنَّى وَكِلاَ ¤ إذَا بِمُـــضْمَرٍ مُضَــافَاً وُصِلاَ
|
32
|
Rofa’-kanlah! dengan tanda Alif terhadap Isim Mutsanna, juga
lafadz كِلاَ apabila tersambung
langsung dengan Dhamir, dengan menjadi Mudhaf.
|
||
20
|
وَتَخْلُفُ
الْيَا فِي جَمِيْعِهَا الأَلِفْ ¤ جَــــرًّا وَنَصْـــبَاً بَعْدَ فَتْـــحٍ
قَدْ أُلِفْ
|
34
|
Ya’ menggantikan Alif (tanda Rofa’) pada semua lafadz tsb
(Mutsanna dan Mulhaq-mulhaqnya) ketika Jar dan Nashab-nya, terletak setelah
harakah Fathah yang tetap dipertahankan.
|
||
21
|
وَارْفَعْ
بِوَاوٍ وَبِيَا اجْرُرْ وَانْصِبِ ¤ سَــــــــالِمَ جَمْعِ عَــــــــامِرٍ
وَمُذْنِبِ
|
35
|
Rafa’kanlah dengan Wawu!, Jar-kan dan Nashabkanlah dengan Ya’!
terhadap Jama’ Mudzakkar Salim dari lafadz “‘Aamir” dan “Mudznib”
|
||
22
|
وَمَــــــا
بِتَـا وَأَلِـــفٍ قَدْ جُمِعَـــــــا ¤
يُكْسَرُ فِي الْجَرِّ وَفي النَّصْبِ مَعَا
|
41
|
Adapun kalimah yang di-jamak-kan dengan menambah Alif dan Ta’ (Jama’
Muannats Salim), adalah ditandai harakat kasrah didalam Jar dan Nashabnya
secara bersamaan.
|
||
23
|
وَجُــرَّ
بِالْفَتْحَـةِ مَـالا يَنْصَرِفْ ¤ مَالَمْ يُضَفْ أَوْيَكُ بَعْدَ ألْ رَدِفْ
|
43
|
Jar-kanlah olehmu…! dengan tanda Fathah terhadap Isim ghoiru munsharif, selagi tidak dimudhafkan atau
tidak berada setelah AL dengan mengiringinya.
|
||
24
|
وَاجْعَلْ
لِنَحْوِ يَفْعَلاَنِ الْنُّوْنَا ¤ رَفْـعَاً وَتَدْعِــيْنَ
وَتَسْـــــأَلُونَا
|
44
|
Jadikanlah! Nun sebagai tanda Rofa’ untuk af’alul khomsah seperti
lafadz يفعلان (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Alif Tatsniyah) dan lafadz تدعين
(Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Ya’ Mu’annats Mukhatabah) dan lafadz تسألون
(Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Wau Jamak)
|
||
25
|
وَحَذْفُهَا
لِلْجَزْمِ وَالْنَّصْبِ سِمَهْ ¤ كَلَمْ تَكُــــوْنِي لِتَرُوْمِي
مَـــظْلَمَهْ
|
45
|
Sedangkan tanda Jazm dan Nashabnya, yaitu dengan membuang Nun.
seperti contoh
لمْ
تَكُــــوْنِي لِتَرُوْمِي مَـــظْلَمَه
|
||
Mubtada’
|
||
26
|
مُبْتَدَأٌ
زَيْدٌ وَعَاذِرٌخَبَرْ ¤ اِنْ قُلْتَ زَيْدٌ عَاذِرٌ مَنِ اعْتَذَرْ
|
113
|
Apabila kamu mengucapkan lafadz
زَيْدٌ عَاذِرٌ مَنِ اعْتَذَرْ (
zaid adalah orang yang memaafkan pada orang yang meminta maaf kepadanya),
maka lafadz zaidun sebagai mubtada’ dan lafadz a’dirun sebagai khobar.
|
||
27
|
وَرَفَعُوْا
مُبْتَدَأًبِالْاِبْتِدَأْ ¤ كَذَاكَ رَفْعٌ خَبَرٍبِالْمُبْتَدَأْ
|
117
|
Rofa’kanlah mubtada’ karena amil ma’nawi ibtida’ sebagaimana
rofa’kanlah khobar karena mubtada’.
|
||
28
|
وَالْخَبَرُ
الْجُزْءُالْمُتِمُّالْفَائِدَةْ ¤ كَاللّهُ بَرٌّ وَالْاَيَادِيْ شَاهِدَةْ
|
118
|
Dewinisi khobar yaitu juz (bagian) yang menyempurnakan pada
mubtada’ seperti lafadz اللّهُ بَرّ ( Allah adalah dzat yang berbuat baik) dan
lafadz اَلْاَيَادِيْ شَاهِدَةْ ( ni’mat-ni’mat Allah sebagai bukti perlakuan baik Allah)
|
||
Kana
|
||
29
|
تَرْفَعُ
كَانَ الْمُبْتَدَأاسْمًاوَالخَبَرْ ¤
تَنْصِبُهُ كَكَانَ سَيِّدًاعُمَرْ
|
143
|
Pengamalannya kana yaitu merofa’kan mubtada’ menjadi isimnya dan
menasobkan khobar menjadi khobarnya, seperti lafadz كَانَ
سَيِّدًاعُمَرُ
|
||
30
|
كَكَانَ
ظَلَّ بَاتَ اَضْحَي أَصْبَحَا ¤ أَمْسَي وَصَارَ لَيْسَ زَالَ بَرِحَ
|
144
|
Menyamai kana dalam pengamalannya yaitu dholla, bata, adkha,
asbakha, amsa, soro, laisa, zala, barikha.
|
||
Inna
|
||
31
|
لِاِنَّ
اَنَّ لَيْتَ لَكِنَّ لَعَلَّ ¤ كَاَنَّ عَكْسُ مَا لِكَانْ مِنْ عَمَلْ
|
174
|
Lafadz Inna, Anna, laa’la, kaanna itu memiliki amal sebaliknya
kana yaitu menasobkan mubtada’ menjadi isimnya dan merofa’kan khobar menjadi
khobarnya.
|
||
Fail
|
||
32
|
الْفَاعِلُ
الَّذِي كَمَرْفُوعَيّ أَتَى ¤ زَيْدٌ مُنِيْرَاً وَجْهُهُ نِعْمَ الْفَتَى
|
225
|
Fail yaitu kalimah isim yang seperti lafadz yang dibaca rofa’
dari lafadz أَتَى
زَيْدٌ ,
مُنِيْرَاً وَجْهُهُ , نِعْمَ الْفَتَى
|
||
33
|
وَبَعْدُ
فِعْلٍ فَاعِلٌ فَاِنْ ظَهَرْ فَهُوَ
وَاِلَّا فَضَمِيْرُاسْتَتَرْ
|
226
|
Setelahnya Fiil ( atau yang serupa dengan fiil) menyebutkan Fail,
apabila Failnya tampak secara Lafadznya, maka dinamakan Fail isim Dhohir, dan
bila Failnya tidak tampak didalam lafadznya maka Failnya berupa isim dhomir
mustatir.
|
||
Naibul fail
|
242
|
|
34
|
يَنُوبُ
مَفْعُولٌ بِهِ عَنْ فَاعِلِ ¤ فِيما لَهُ كَنيِلَ خَيْرُ نَائِلِ
|
|
Maf’ul bih menggantikan Fa’il ( setelah membuangnya) di dalam
semua hukumnya. Seperti contoh: “ نِيْلَ
خَيْرُ نَائِلِ
=anugerah terbaik telah diperoleh ”
|
||
35
|
فَاَوَّلُالْفِعْلِ
اضْمُمَنْ وَالْمُتَّصِلْ ¤ بِالْاَخِرِ اكْسِرْ فِيْ مُضِيٍّ كَوُصِلْ
|
243
|
Bacalah dhomah pada awalnya fiil dan bacalah kasroh pada huruf
sebelum akhir pada fiil madhi yang dimabnikan majhul seperti lafadz “wusila”
|
||
36
|
وَاجْعَلْهُ
مِنْ مُضَارِعٍ مُنْفَتِحَا ¤ كَيَنْتَحِي الْمَقُوْلِ فِيْهِ يُنْتَحَي
|
244
|
Dan jadikanlah huruf sebelum akhir dari fiil mudhori’ dibaca
fatkhah ( selain membaca dhomah pada huruf yang awal) seperti lafadz
“yantakhi” menjadi “yuntakha”.
|
||
Maf’ul bih
|
||
37
|
فَانْصِبْ
بِهِ مَفْعولَهُ إِنْ لَمْ يَنُبْ ¤ عَنْ فَاعِلٍ نَحْوُ تَدَبَّرْتُ الْكُتُبْ
|
278
|
Nasobkanlah dengan fiil muta’adi pada maf’ul bihnya selagi tidak
mengganti fail
( menjadi naibul fail) seperti lafadz تَدَبَّرْتُ
الْكُتُبَ (aku menelaah
banyak kitab).
|
||
Huruf jer
|
||
38
|
هَاكَ
حُرُوفَ الْجَرِّ وَهْيَ مِنْ إلىَ ¤ حَتَّى خَلا حَاشَا عَدَا في عَنْ عَلَى
|
364
|
Ambillah sebagai Huruf Jar yaitu : Min, Ila, Hatta, Kholaa,
Haasyaa, ‘Adaa, Fii, ‘An, ‘Alaa,
|
||
39
|
مُذْ
مُنْذُ رُبَّ اللّامُ كَيْ وَاوٌ وَتَا ¤ وَالكَافُ وَالْبَا وَلَعَلَّ وَمَتَى
|
365
|
Mudz, Mundzu, Rubba, Lam, Kay, Wau, Ta’, Kaf, Ba’, La’alla, dan
Mataa.
|
||
Naat
|
||
40
|
يَتْبَعُ
فِي الإعْرَابِ الأسْمَاء الأوَلْ ¤
نَعْتٌ وَتوْكِيدٌ وَعَطْفٌ وَبَدَلْ
|
506
|
Mengikuti Isim sebelumnya di dalam I’robnya, yaitu: Na’at,
Taukid, ‘Athaf dan Badal.
|
||
41
|
فَالنَّعْتُ
تَابعٌ مُتِمٌّ مَا سَبَقْ ¤ بِوَسْمِهِ
أوْ وَسْمِ مَا بِهِ اعْتَلَقْ
|
507
|
Adapun Na’at adalah Isim Tabi’ penyempurna lafazh sebelumnya
dengan sebab menyifatinya (Na’at Haqiqi) atau menyifati lafazh hubungannya
(Na’at Sababi).
|
||
Taukit
|
||
42
|
بِالنَّفْسِ
أوْ بِالعَيْنِ الاسْمُ أُكِّدَا ¤ مَعَ ضَمِيرٍ طَابَقَ المُؤكَّدَا
|
520
|
Kalimah Isim menjadi tertaukidi oleh lafazh taukid “an-Nafsi”
atau “al-’Aini” beserta ada Dhamir yang cocok pada Isim Muakkad.
|
||
Athof
|
||
43
|
الْعَطْفُ
إِمَّا ذُو بِيانِ أوْ نَسَقْ ¤ وَالْغَرَضُ الآن بَيانُ مَا سَبَقْ
|
534
|
Athaf terbagi: pertama Athaf Bayan, kedua Athaf Nasaq. Sasaran
kali ini menerangkan bagian Athaf yg pertama (Athaf Bayan).
|
||
Badal
|
||
44
|
التَّابعُ
المَقْصُودُ بالْحُكْمِ بلا ¤ وَاسِطَةٍ هُوَ المُسَمَّى بَدَلا
|
565
|
Isim Tabi’ yang dimaksudkan oleh penyebutan hukum tanpa perantara
(huruf Athaf), demikian dinamakan Badal.
|
||
I’robnya fiil mudhori’
|
||
45
|
اِرْفَعْ
مُضَارِعاً إذَا يُجَرَّدُ ¤ مِنْ نَاصِبٍ وَجَازِمٍ كَتَسْعَدُ
|
676
|
Rofa’kanlah Fi’il Mudhari’ apabila sepi dari amil nashab dan amil
jazem, seperti contoh “ تَسْعَدُ ”
(kamu beruntung).
|
||
46
|
وَبِلَنْ
انْصِبْهُ وَكَيْ كَذَا بِأَنْ ¤ لا بَعْدَ عِلْمٍ وَالّتِي مِنْ بَعْدِ ظَنِ
|
677
|
Nashabkanlah Fi’il Mudhari’ sebab dimasuki Lan atau Kay, atau
juga dimasuki AN yg tidak berada setelah Ilm (Fi’il makna yaqin). Adapun An
yg berada setelah Zhann (Fi’il makna sangkaan)
|
||
47
|
بِلَا
وَلَامٍ طَالِباً ضَعْ جَزْمَا ¤ فِي الْفِعلِ هكَذَا بِلَمْ وَلَمَّا
|
695
|
Posisikan Jazem pada Fi’il Mudhari’ sebagai Tholab sebab dimasuki
LAA (Nahi) atau Lam (Amar). Demikian juga jazem sebab LAM (Nafi) dan LAMMAA
(Nafi)
|
||
48
|
وَاجْزِمْ
بِإنْ وَمَنْ وَمَا وَمَهْمَا ¤ أيٍّ مَتَى أيَّانَ أيْنَ إذْ مَا
|
696
|
Juga Jazemkan! (pada dua Fi’il) sebab IN, MAN, MAA, MAHMAA,
AYYUN, MATAA, AYYAANA, AINA, IDZMAA,…
|
||
دُعَاء
|
||
49
|
فَاَحْمَدُاللّهَ
مُصَلِّيًا عَلَي ¤ مُحَمَّدٍ خَيْرِ نَبِيٍّ أُرْسِلَا
|
1001
|
Maka aku memuji kepada Allah, seraya menghaturkan sholawat pada
nabi Muhammad, terbaiknya Nabi yang diutus.
|
||
50
|
وَاَلِهِ
الغُرِّالْكِرَامِ البَرَرَةْ ¤ وَصَحْبِهِ المُنْتَخَبِيْنَ الْخِيَرَةْ
|
1002
|
Dan seluruh keluarganya, yang bersinar wajahnya, yang mulia budi
pekertinya, yang baik akhlaqnya, dan pada para sahabatnya, orang-orang
terpilih dan orang-orang yang terbaik.
|
Salam,
ReplyDeleteMohon maaf admin... Kalau saya boleh tau, susunan mukhtashor alfiyah ibnu malik ini disusun dan diurutkan berdasarkan apa ya? Nuwun... :D